Makasih yah buat teman2 yang udah mau mampir ke Blog kecilku ini
Nothing special di Corat-coret Blog ini, semua hanya tumpahan dari pikiran2ku saja ♥_♥


7/30/09

Cara Merawat Ikan Mas Koki

Dulu aku juga punya ikan mas koki
ikan mas koki yang hitam dengan mata belo aku kasih nama "Rangga" dan ikan mas koki yang mutiara aku kasih nama "Cinta". Aku sangat menyayangi mereka karna mereka lucu2 mereka temen2 aku yang slalu nemenin aku di kamar.
Mudah koq merawat ikan mas koki dan ga mesti mahal juga, aku aja rawat ikan aku dari kecil sampai bisa jadi besar

Nih aku kasih tipsnya yah cara merawat ikan mas koki

  1. Kalo melihara ikan mas koki dalam aquarium besar sebaiknya pakai filter, tp kalo mau di aquarium kecil cukup pakai gelembung udara ajah
  2. Kasih makan secukupnya, karna kalo terlalu banyak nanti airnya akan cepat kotor, sebaiknya kasih aja peled ikan yg biasa dijual di tukang ikan.
  3. Saat menguras aquarium ikan jangan disetuh langsung dengan tangan pakai saringan aja untuk mengambil ikannya, trus sisakan sedikittt aja air yang sebelum dikuras *segelas kecil boleh*
  4. Sebaiknya kuras aquaium tidak usah pakai sabun cukup pakai busa pembersih ajah *yg biasa dipake lap kaca atau cuci piring*
  5. Setelah aquarium sudah selesai dibersihkan, tuang air yang belum dikuras tadi ke dalam aquarium lalu isi aquarium dengan air bersih hingga penuh kemudian beri sedikit garam dan setelah selesai tinggal kita masukkin deh ikannya.
  6. Kalo lagi mati lampu sebaiknya air didalam aquarium dikurangin karna ikan bisa mati kehabisan udara kalo ga ada gelembung. Trus juga kalo kita lagi diluar rumah titip pesen ma orang dirumah kalo mati lampu suruh airnya dikurangin. Tapi kalo mau amannya yah kita ga usah kasih air banyak2 ke aquarium jadi jika sewaktu-waktu mati lampu ikannya tetep bisa nafas deh tanpa gelembung.

Nah mudah kan,,coba deh pelihara ikan mas koki dirumah murah dan mudah koq, trus lumayan juga jadi bisa jadi temen dikamar ^^ kan jadi ga kesepian kalo dikamar.

Selamat mencoba





♥ria♥

34 comments:

  1. saya merawat kyk ny kurang deh...
    hiks,,, ga bertangan dingin...hhihihi

    ReplyDelete
  2. wah wah jadi inget bagaimana saia begitu berpengalaman merawat hewan dengan biadab...hahaha.......

    ikan ikan adalah objek penyiksaan terbanyak di dunia setelah nyamuk dan lalat...

    hihihi

    ReplyDelete
  3. apalagi koki yg begitu seksi... oh....begitu menggoda... hyaaaaaaaaaaa... *penderita kelainan makan ikan...

    ReplyDelete
  4. mbak ria mohon dijelaskan bagaimana menggoreng ikan koki tanpa kehilangan perutnya yg gemuk ?

    ReplyDelete
  5. @ A Ser Artan H : hehehe kasih es aja biar dingin ;))

    @ aruna : :-t ikan koki bukan untuk digoreng x( itu ikan hias *pentungin aruna*

    ReplyDelete
  6. iiih...lucu deh gambarnya... cute...kayak yg punya blog...

    ReplyDelete
  7. sob, boleh nich tipsnya coz saya suka bersihin aquarium pake sabun he...he..dh gitu suak banyak kasih makan pantes ja cepet kotor =))

    ReplyDelete
  8. Hallo Ria yg hobi ngagetin hamster tidur.. huehehe..
    Sukses trus ya sob...ngagetinnya...ups,maxudnya, bloggingnya...

    ReplyDelete
  9. @ desti : yoi yg komen kan jg luthu2 ;))
    =)) abis ekspresi hamsternya lucu klo kaget ;;)

    @sifa : :)) jgn byk2 atuh kasih makannya

    ReplyDelete
  10. Makasih sudah berbagi tips cara merawat ikan mas koki... Tetaplah berbagi :)

    Sukses Selalu...

    ReplyDelete
  11. Salam kenal,

    Saya demen banget dengan ikan mas koki.
    Seksi-seksi dan menggoda. Megal-megol kayak... siapa, ya?

    =========
    maaf,
    nitip pesen buat semuanya: yuk, ikutan vote di sini: Jadikan Pulau Komodo Sebagai 7 Keajaiban Dunia Jangan sampai kita kehilangan 'Borobudur' lagi! (he.. he..)

    ReplyDelete
  12. wah gimana ngrawatny ka, hehehhe, ada juga ikan emas, hehehehhehe :)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

    ReplyDelete
  13. @vicky : ;)) iyah siap pak :D

    @kakve-santi : :)) beli dinks ikan

    @alamendah : kaya dewi persik kali yah =))

    @◄liat yoo™► : ;)) ikan mas taro kolem ajah atau digoreng hmm yummy 8-}

    ReplyDelete
  14. Wah sayangnya aku gak punya mas Koki dirumah

    tapi keren euy tipsnya

    ReplyDelete
  15. @Kuliah Gratis : :D makasih,, beli atuh ikan mas koki lucu loh ikannya ;))

    ReplyDelete
  16. klo nerawat ikan mas mutiara bagaimana???
    trus untuk ngasih garam ke dalam aquarium da takaran nya yang baik gak?????

    ReplyDelete
  17. kalo merawat ikan mas mutiara sama aja koq
    aku juga dulu punya ikan mas mutiara ;;)

    kalo garam dikit aja asalsecomot ujung jari aja
    kalo banyak2 juga ga bagus

    ReplyDelete
  18. wah ikanku mas koki tapi namanya "nemo fishislami" panggilannya kak nemo lucu tapi warnyanya orens :) dia ikan kesayanganku

    ReplyDelete
  19. @♥ syifa ♥ aulia ♥ 'kakcipa' ♥ : iyah ikan mas koki mang lucu aku juga dulu sayang bgt ma ikan2ku ;;)

    ReplyDelete
  20. alo mbak ria,
    apa bener, ikan mas koki bisa ambil napas langsung lewat udara?

    btw, kenapa ya akhir2 ini q beli ikan mas koki, tapi setelah ku satukan dengan ikan mas koki lamaku, yang baru ku beli malah sering mati?
    sudah 4 ekor ikan yang mati, 2 jenis black more, dan 2 jenis oranda,
    Sedang ikan yang lama sehat2 saja,
    apakah mbak ria tahu masalahnya?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  21. @rudy : aku juga kurang tahu ya, tp coba aku bantu deh...setauku ikan mas koki butuh udara buatan (gelembung udara)...

    kadang mang suka gtu ikan mas koki baru dicampu dengan yang lama suka mati mungkin karena dia ga bs adaptasi dengan air yg baru...sebaiknya pas kamu beli baru masukkan ikan mas koki yg dalam plastik dengan airnya juga

    ReplyDelete
  22. wahhh buat apa ngurangin air keika mati lampu,, justru semakin banyak air, semakin banyak kandungan oksigen,, karena air kn tersusun dari oksigen...ya kn??

    ReplyDelete
  23. kalo gak dikurangin air ikan bisa mati, aku juga kurangtahu ini hanya pengalamanku saja
    Kalau airnya sedikit ikan bisa bertahan walau tanpa gelembung udara
    tapi kalo ikan2 air tawar kayak ikan gurame itu gpp air banyak juga kayaknya :P

    ReplyDelete
  24. bener mesti dikurangin ya? aq malah suka nambahin airnya klo lagi mo pergi lama.. untungnya sih ga da yg mati, meski dah ditinggal 2 hari.. tapi pas pulangnya aq kasian liat ikan2ku, berenangnya lemes bener, karna ga dikasih makan 2 hari kali ya.. maklum, ga da yg bisa dititipin..

    -- visit http://m.rujakasik.com --

    ReplyDelete
  25. sama ne aku juga melihara ikan mas koki...
    tapi ada sedikit pertanyaan ne

    ikan ku tu suka berenang kebalik gt,,itu pun cukup lama,sekitar 4 harian gt...
    kata temen" sich,,gara" ke gedean perut,,,ada lagi yang bilang di kerokin ajamasuk anagin ntu,,wwkwkw...
    tapi setelah itu normal agy,,dan kadang gt agy,,,bisa bantu nyari solusi gak...thx

    ReplyDelete
  26. @Riris : iyah kasian kalo gak make gelembung airnya banyak nanti ikannya bisa lemes susah bernafas :D

    @gonzalo balboa : hihihi sama ikanku dulu jg pernah bgtu tp terus balik lagi gak diapa-apain sih. paling airnya aku rajin ganti aja mungkin dia gak cocok ma airnya
    kalo ikanny kegedean peyut kasih mknny jgn kebanyakan hihihii jd obesitas :p

    ReplyDelete
  27. kk ria kok ikan ku udah aku kasih makan kyk contoh kk kok mereka gk makan peledny knp y?

    ReplyDelete
  28. kk ria kok ikan ku udah aku kasih makan kyk contoh kk kok mereka gk makan peledny knp y?

    ReplyDelete
  29. Loh kenapa gak mau ya,,coba beli peled merk lainnya
    atau coba tanya tukang ikan makanan ikan mas koki selain peled
    takutnya ikannya gak suka peled itu

    ReplyDelete
  30. coba dikasi makan tetra bits..

    ReplyDelete
  31. aku ga pandai merawat ikan, dulu banyak yg mati :(

    ReplyDelete
  32. oh iya, nanya dong. kalo ikannya pada jamuran gimana ngatasinnya? trus, garam yang dimasukkin ke akuarium itu garam yang kaya apa?

    ReplyDelete

Maaf ya sekarang kotak komentarnya aku moderasi
Gak ada maksud apa-apa koq ^^
Cuma waspada aja dengan Spam :D
Silahkan komen anything ^_____^V